International English Language Testing System (IELTS) atau Sistem Pengujian Bahasa Inggris Internasional
(IELTS) secara luas diakui sebagai sarana yang dapat diandalkan untuk menilai
apakah kandidat siap untuk belajar atau berlatih dalam bahasa Inggris. IELTS terbagi atas dua versi tes, yaitu versi Tes Akademik dan
Pelatihan Umum. Jika tujuan anda mengambil ielts untuk melakukan pendidikan
sarjana atau pasca sarjana di Luar negeri seperti Australia, Amerika atau
Inggris maka sebaiknya anda memilih Versi Akademik saat anda melakukan pendaftaran tes IELTS ,namun sebaliknya jika tujuan anda untuk
melamar pekerjaan atau hal lainnya seperti pendidikan tingkat SMA atau
dibawahnya sebaiknya pilihlah versi umum.
Tes IELTS terbagi atas beberapa bagian yakni listening,
reading, Writing, dan Speaking. Berikut penjelasannya :
Listening
Sesi ini terdiri atas empat bagian, masing-masing terdiri
atas 10 pertanyaan. Dua bagian pertama berkaitan dengan kebutuhan sosial. Ada
percakapan antara dua pembicara dan monolog (percakapan sendiri/cerita). Dua
bagian terakhir berkaitan dengan konteks pendidikan atau pelatihan. Ada
percakapan dua orang lebih hingga empat orang ada juga monolog. Berbagai jenis
pertanyaan digunakan, termasuk: pilihan ganda, pertanyaan jawaban singkat,
penyelesaian kalimat, catatan / grafik / penyelesaian tabel, pemberian label
diagram, klasifikasi, pencocokan. Peserta tes hanya mendengar rekaman sekali
dan menjawab pertanyaan saat mereka mendengarkan.
Pertama-tama Peserta bisa langsung mengisi jawaban di kertas
soal dan diberi kesempatan 10 menit untuk memindahkan jawaban dari kertas soal
ke kertas jawaban.
Reading
Ada tiga bacaan yang disajikan untuk dibaca peserta
tes dengan tingkat kesulitan yang berbeda, pada sesi ini peserta harus menjawab
40 pertanyaan. Bacaan biasanya diambil dari majalah, jurnal, buku dan surat
kabar. Setidaknya satu bacaan berisi argumen logis yang terperinci. Berbagai
jenis pertanyaan digunakan, termasuk: pilihan ganda, pertanyaan jawaban
singkat, penyelesaian kalimat, catatan / bagan / penyelesaian tabel, pemberian
label diagram, klasifikasi, daftar / frasa yang cocok, memilih judul paragraf
yang sesuai dari daftar, identifikasi penulis pandangan / sikap - ya, tidak,
tidak ada jawaban, atau benar, salah, tidak ada jawaban.
Writing
Ada dua tugas yang diberikan, dan peserta diberi waktu
20 menit pada Tugas pertama, diman peserta harus menulis setidaknya 150 kata
atas soal yang ditanyakan, dan pada tugas ke dua peserta diberi waktu 40 menit
untuk menuliskan jawaban sebanyak 250 kata. Penilaian pada Tugas 2 memberikan
lebih banyak bobot daripada Tugas 1. Dalam Tugas 1, kandidat diminta untuk
melihat diagram atau tabel dan untuk menyajikan informasi dengan kata-kata
mereka sendiri. Mereka dinilai berdasarkan kemampuan mereka untuk mengatur,
menyajikan dan mungkin membandingkan data, menggambarkan tahapan proses,
menggambarkan suatu objek atau peristiwa, menjelaskan bagaimana sesuatu
bekerja.
Speaking
Sesi ini membutuhkan waktu antara 11 sampai 14 menit. Ini
terdiri dari wawancara lisan antara peserta dan pemeriksa.
Ada tiga bagian utama dalam sesi speaking:
Bagian 1 peserta dan penguji memperkenalkan diri dan
kemudian kandidat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum tentang diri mereka,
rumah / keluarga mereka, pekerjaan / studi mereka, minat mereka dan berbagai
macam bidang topik umum yang serupa. Bagian ini berlangsung antara empat dan
lima menit.
Bagian 2 Kandidat diberikan kartu tugas dengan
petunjuk dan diminta untuk berbicara tentang topik tertentu. Kandidat memiliki
waktu satu menit untuk mempersiapkan dan mereka dapat membuat beberapa catatan
jika mereka mau, sebelum berbicara antara satu dan dua menit. Pemeriksa
kemudian menanyakan satu atau dua pertanyaan pembulatan.
Bagian 3 Penguji dan kandidat terlibat dalam diskusi
tentang isu-isu dan konsep yang lebih abstrak, yang secara tematik terkait
dengan prompt topik di Bagian 2. Diskusi berlangsung antara empat dan lima
menit.
Sesi Speaking menilai apakah kandidat dapat
berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. Penilaian ini
memperhitungkan Kefasihan dan Koherensi, Sumber Daya Leksikal, Ragam Gramatika
dan Akurasi, dan Pelafalan.
Dan bagaimana penilaian TES IELST?
Penilaian atau score IELTS tidak seperti skor TOEFL yang mencapai ratusan tes IELTS tertinggi hanya angka 9 dan nilai terendah adalah 0. berikut penjelasannya dalm bahasa inggris
Penilaian atau score IELTS tidak seperti skor TOEFL yang mencapai ratusan tes IELTS tertinggi hanya angka 9 dan nilai terendah adalah 0. berikut penjelasannya dalm bahasa inggris
HOW IS IELTS SCORED?
IELTS results are reported on a nine-band scale. In addition to the score for overall language ability IELTS provides a score, in the form of a profile, for each of the four skills (Listening, Reading, Writing and Speaking). These scores are also reported on a nine-band scale. All scores are recorded on the Test Report Form along with details of the candidate’s nationality, first language and date of birth. Each Overall Band Score corresponds to a descriptive statement which gives a summary of the English language ability of a candidate classified at that level. The nine bands and their descriptive statements are as follows:
9 Expert User — Has fully operational command of the language: appropriate, accurate and fluent with complete understanding.
8 Very Good User - Has fully operational command of the language with only occasional unsystematic inaccuracies and inappropriacies. Misunderstandings may occur in unfamiliar situations. Handles complex detailed argumentation well.
7 Good User - Has operational command of the language, though occasional inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings in some situations. Generally handles complex language well and understands detailed reasoning.
6 Competent User - Has generally effective command of the language despite some inaccuracies, inappropriacies and misunderstandings. Can use and understand fairly complex language, particularly in familiar situations.
5 Modest User — Has partial command of the language, coping with overall meaning in most situations, though is likely to make many mistakes. Should be able to handle basic communication in own field.
4 Limited User — Basic competence is limited to familiar situations. Has frequent problems in understanding and expression. Is not able to use complex language.
3 Extremely Limited User - Conveys and understands only general meaning in very familiar situations. Frequent breakdowns in communication occur.
2 Intermittent User - No real communication is possible except for the most basic information using isolated words or short formulae in familiar situations and to meet immediate needs. Has great difficulty understanding spoken and written English.
1 Non User - Essentially has no ability to use the language beyond possibly a few isolated words.
0 Did not attempt the test. — No assessable information.
Most universities and colleges in the United Kingdom, Australia, New Zealand and Canada accept an IELTS Overall Band Score of 6.0 or 6.5 for entry to academic programmes. IELTS scores are increasingly being recognised by universities in the USA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
biar lebih asix dikomentari ya..dan jangan lupa follow ya...