About Me

Foto saya
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Asix adalah sebuah kata yang berasal dari dua suku kata A dan six (enam). kalau digabung akan membentuk nama belakang saya yaitu anam. Sedangkan poel sebutan nama depan saya yang berasal dari saiful. karena lidah orang maduralah nama yang berarti pedang itu menjadi poel. tanggal lahir saya sama dengan tangal lahir bungkarno, tapi masih harus ditambah 24 hari lagi. Kalau tahun kelahiran waktu itu sedang bloming-blomingnya revolusi biru. atau masa dimana para petambak tergila-gila sama udang windu. Persisnya tahun kelahiran saya 1986.

Selasa, 10 November 2009

SUDAH NARSISKAH KITA?


NARSIS, hampir setiap hari kita mendengar istilah dari Yunani itu. Apa bila kita foto-foto sendiri lewat hp kita dikatakan narsis, nyanyi-nyayi sendiri dikatakan narsis. Bahkan sekarang ada realiti show berjudul narsis.

Pyuh, susah emang ketemu orang yang gak ngerti bahasa tapi asal ngucap. Jadi bahasa kerennya itu kabeh ditepak-tepakno. Buat kamu yang sering ngucapin kata NARSIS mungkin tulisan kang saif ini bisa bermanfaat.

Dari beberapa penelusuran yang saya lakukan, melewati lembah turuni gunung, ciah opo ae yo, jadi gini ceritanya. Narsisme adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narcissus.

Kabarnya Narciissus itu dikutuk (soal penyebab kenapa dikutuk kang saif kagak tau). Kutukannya jadi kodok apa jadi monster ya (ih jahat banget, kebanyakan nonton kartun nich
). Si Nar, (tak panggil gitu saja ya Narcissus, abis susah ngetiknya), dikutuk mencintai bayangannya sendiri di kolam. Bahasa kerennya dia sangat teramat mencintai dirinya sendiri, sehingga ketika melihat air (dulukan gak da cermin) kebanggaan akan dirinya sangat sangat sangat besar....cek koyok temenan. 


Suatu ketika (biar kayak karangan waktu sekolah) tanpa sengaja ia menjulurkan tangannya ke sungai ingin meraih bayangannya yang menurutnya cuakep, ia pun tenggelam, dan seperti cerita banyu wangi  tumbuh bunga  disungai tersebut yang sampai sekarang disebut bunga narsis.

Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir, bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi (ngomong persepsi jadi ingat judul skripsi ku) yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain. Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patolog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih asix dikomentari ya..dan jangan lupa follow ya...