About Me

Foto saya
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Asix adalah sebuah kata yang berasal dari dua suku kata A dan six (enam). kalau digabung akan membentuk nama belakang saya yaitu anam. Sedangkan poel sebutan nama depan saya yang berasal dari saiful. karena lidah orang maduralah nama yang berarti pedang itu menjadi poel. tanggal lahir saya sama dengan tangal lahir bungkarno, tapi masih harus ditambah 24 hari lagi. Kalau tahun kelahiran waktu itu sedang bloming-blomingnya revolusi biru. atau masa dimana para petambak tergila-gila sama udang windu. Persisnya tahun kelahiran saya 1986.

Jumat, 09 Oktober 2009

Gue Gak Tua

Tetap Semangat Di Usia Lanjut



Probolinggo – Pola hidup sehat saat masih usia produktif akan mempengaruhi penampilan saat usia lanjut. Ada yang bertubuh usia 55 tahun saat usianya sudah 55 tahun. “ Ada pula yang baru berusia 55 tahun tapi tubuhnya seperti usia 75 tahun,” ujar dr. Novi Rahayu, Kepala Puskesmas Kedupok.

Tapi bagaimana jika orang tua kita, saudara kita, atau kita sendiri sudah usia lanjut (Lansia)?yang jelas waktu tidak mungkin berputar terbalik. Menurut dr. Novi seseorang dikatakan lansia jika usianya telah mencapai 55 tahun. Ketika telah lansia biasanya berbagai keluhan akan dirasakan. ’’Pada masa lansia itu, seseorang akan mengalami penurunan fungsi tubuh akibat terlalu banyak oksidan dalam tubuh,” ujar Dokter beralamat di rumah dinas Jalan Mastrip No 18 itu.

Biasanya ada 10 B gangguan pada lansia,” Blaur (gangguan penglihatan), Bindeng (gangguan pembau), Budrek (darah tinggi), Botak (rambut rontok), Buyuten (tangan kaki bergetar), beser ( sering kencing), batuk ( gangguan pada [aru-paru), Berdebar (gangguan jantung), dan sulit tidur kalau awalannya B saya lupa untuk yang sulit tidur,” papar Novi .

Agar tidak memperparah keluhan pada lansia, sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gula. Pasalnya, fungsi pankreas pada lansia telah menurun sehingga kekurangan insulin, inilah yang mengakibatkan rawan diabetes. ’’Kurangi pula makanan mengandung lemak (Low Density Lipid/LDL),” kata dokter murah senyum itu. LDL yang memasuki tubuh akan menjadi plak pada sel tubuh dan semakin mengurangi kinerja tubuh. LDL, tambah Novi , terdapat pada mentega, gorengan, santan, dan lain sebagainya.

Kurangi juga menggunakan garam karena bisa menyempitkan pembuluh darah yang bisa berakibat pada tekanan darah tinggi dan terganggunya kerja jantung. Otomatis hindari juga lakohol, dan rokok.

Guna memerangi gejala-gejala lansia biasakanlah perbanyak makan sayur dan buah. ’’sayur dan buah mengandung anti oksidan yang bisa menghambat bertambahnya oksidan dalam tubuh,” ucapnya. Dan yang paling mudah perbanyak minum air putih enam hingga delapan gelas perhari.

Semangatpun tetap perlu dijaga. Masa tua bukan berarti masa istirahat dan tidak melakukan aktifitas. Dokter justru menganjurkan lakukan kesegaran jasmani sesuai kemampuan, bias sekedar jalan kaki, bersepeda, bahkan berenang. Sempatkanlah rekreasi dan bersilaturrahmi guna meningkatkan kesegaran pikiran. Dan saat hendak menggunakan obat-obatan, lakukanlah atas saran dokter. (Anam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih asix dikomentari ya..dan jangan lupa follow ya...