About Me

Foto saya
Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
Asix adalah sebuah kata yang berasal dari dua suku kata A dan six (enam). kalau digabung akan membentuk nama belakang saya yaitu anam. Sedangkan poel sebutan nama depan saya yang berasal dari saiful. karena lidah orang maduralah nama yang berarti pedang itu menjadi poel. tanggal lahir saya sama dengan tangal lahir bungkarno, tapi masih harus ditambah 24 hari lagi. Kalau tahun kelahiran waktu itu sedang bloming-blomingnya revolusi biru. atau masa dimana para petambak tergila-gila sama udang windu. Persisnya tahun kelahiran saya 1986.

Jumat, 23 Oktober 2009

Manfaat Konsevasi bagi Sustainable Fisheries


Kawasan konservasi laut sering dianggap sebagai kawasan yang diperuntukkan bagi konservasi keanekaragaman hayati. Namun kawasan konservasi laut juga dapat memainkan peran penting di dalam pengelolaan perikanan dan pariwisata. Selama ini manfaat perikanan dan pariwisata dipandang sebagai hasil samping dari pelestarian keanekaragaman hayati, namun para ilmuwan dan manajer akhir-akhir ini mengubah cara pandang tersebut dengan memberikan penekanan pada manfaat kawasan konservasi laut di dalam pengelolaan manfaat. Misalnya, Program Kawasan Habitat Ikan Australia secara khusus menyatakan bahwa kawasan konservasi laut berfungsi untuk meningkatkan perikanan, sementara pelestarian keanekaragaman hayati dipandang hanya sebagai manfaat tambahan (DPI, 2002).
Kawasan konservasi laut memungkinkan dikembang kannya langkah-langkah pengelo laan yang sesuai dengan kondisi setempat. Untuk itu, langkah-langkah pengelolaan tersebut berbeda dari yang selama ini dilaksanakan semisal kuota, peraturan tentang sarana tangkap dan izin bagi operator di bidang industri pariwisata, yang tidak bersifat khas daerah. Kawasan konservasi laut memungkinkan dilakukan pemanfaatan secara khusus untuk kawasan-kawasantertentu dan melakukan pelarangan terhadap pemanfaatan serupa untuk wilayah-wilayah disekitarnya. Misalnya, larangan penangkapan dapat dilakukan di wilayah-wilayah pemijahan, sementara itu penangkapan dengan alat tangkap sederhana (tradisional) masih dapat diijinkan untuk dilakukan di kawasan-kawasan di sekitar wilayah pemijahan tersebut. Izin kegiatan wisata selam dapat diberikan untuk hampir semua kawasan konservasi laut.
Pengelolaan secara efektif dari wilayah desa-desa pesisir yang jauh letaknya memerlukan manajemen infrastruktur yang sesuai dengan kondisi setempat, dan memerlukan staf manajemen yang mengenal laut di wilayahnya. Struktur manajemen yang tidak memiliki ciri khas setempat pada umumnya tidak memiliki kapasitas seperti ini, namun melalui kawasan konservasi laut kapasitas ini dapat dikembangkan bagi wilayah-wilayah pesisir yang sangat memerlukan perbaikan di bidang manajemen. Biaya yang diperlukan untuk pengelolaan kawasan konservasi laut cukup mahal (sekitar 8 US $/ha/tahun, Balmford et al. 2004), namun manfaat yang diperoleh dari manajemen yang efisien pada umumnya lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan (Box ) dan setidaknya untuk tingkat global, biaya tersebut lebih kecil dari pada biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk pemberian subsidi kegiatan perikanan yang tidak lestari (Balmford et al 2004).
Muncul kecenderungan global pembentukan kawasan konservasi laut. Departemen kelautan dan perikanan mencanangkan pengembangan kawasan konservasi perairan baik di perairan laut maupun di perairan daratan.Dalam Conference on Convention on Biological Diversity yang diselenggarakan di Brazil pada tanggal 20-31 Maret 2006, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, bertekad untuk membentuk setidaknya 10 juta ha kawasan konservasi laut menjelang 2010. Saat ini 8,3 juta ha kawasan konservasi laut telah dibentuk (Desember 2007), dengan demikian Indonesia optimis dapat mewujudkan sasaran tersebut. Apakah jaringan tersebut akan dapat mencapai tujuan yang dicanangkan yakni pemanfaatan dengan tetap menjaga aspek keberlanjutan dan pelestarian keanekaragaman hayati atau tidak, akan sangat tergantung pada cara pengelolaan kawasan konservasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biar lebih asix dikomentari ya..dan jangan lupa follow ya...